Thursday 6 December 2012

Tanda Dari Tuhan

Agar bisa membuat keputusan yg benar & mengalami kemajuan, kita hrs memiliki kemampuan MENILAI DENGAN BENAR.

Emosi2 negatif spt kekecewaan, kemarahan, ketakutan, kesedihan atau terlalu percaya diri; dpt menghalangi penilaian yg akurat thd seseorg atau suatu mslh.

Kita hrs dapat membedakan mana "tuntunan Allah" dan mana "keinginan manusia"?

Karena terobsesi akan sesuatu, kita bisa tergoda untuk "merohanikan" alasan-alasan tertentu, agar keputusan, pilihan & keinginan kita mendpt persetujuan atas.

Memilih pekerjaan yg salah, memilih pasangan hidup yg salah, memilih pelayanan yg salah bahkan memilih jalan hidup yg salah; semua ini sering diakibatkan krn kita tidak dapat membedakan mana suara TUHAN & mana suara diri sendiri.

Bahkan ketika salah membuat keputusan, ada jg yg menyalahkan TUHAN atas keputusan yg dibuatnya.

Tuntunan TUHAN tidak pernah salah. Kitalah yg seringkali tidak dewasa dalam mengenali, menanggapi & menginterpretasikan tuntunanNya. Dalam ketidakdewasaan kita berupaya "mencocok-cocokan" sgl sesuatu agar mendukung keinginan kita & menyebutnya sbg "tanda dari TUHAN."

Ini saatnya kita bljr menjadi bijaksana dari kesalahan yg pernah terjadi di waktu-waktu sebelumnya. Mari koreksi cara kita mengenali, menanggapi & mengartikan tuntunan Allah di dalam hidup kita. Dengan demikian kita siap memasuki tahun depan (2013) dengan kedewasaan & hikmat untk berjalan di dalam kehendak TUHAN.

Sgl sst yg kita sebut atau akui sbg sst yg berasal "dari TUHAN" dapat dilihat & dinilai dari "buahnya." Mari izinkan buah kita dilihat, nilai bahkan dinikmati org lain.

Ada kalanya kita perlu terus bertekun melakukan apa yang benar; ada kalanya kita perlu bertobat dari ketidakdewasaan yg dpt membahayakan iman kita & iman org lain.

"Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mrk & domba-domba itu mengikuti dia, krn mrk mengenal suaranya." | Yohanes 10:4

No comments:

Post a Comment